Monday 2 September 2019

SERUNYA KKL KAMI DI BALI - Memoir Angkatan 94 - Hari Ketiga

Hari ketiga KKL di Bali....
Tiap hari jadwal kunjungan selalu padat. Jam 7 pagi semua udh berangkat pake bus dan baru kembali sore menjelang malam. Sore itu bus jurusan bahasa Jepang termasuk yg cepat sampai lagi ke hotel. Silvi buru-buru turun, "Kunci Vie yg ambil ya, Ma, pengen ke kamar mandi." kata Silvi sambil lari ke resepsionis. Gw masih ngobrol dulu dan baru nyusul ke kamar beberapa menit kemudian.
Sampe di kamar gw liat Silvi udh ganti baju, "Vie ke kamarnya Elis dulu ya?" kata Silvi. Gw cuma ngangguk aja. Habis itu gw masuk kamar dan ganti baju. Pintu kamar mandi tertutup rapat. Lalu tiba-tiba ada suara flush. Pintu terbuka, Lina keluar sambil benerin kaosnya yg warna biru. Gw kaget, karena ga ngeh anak Jerman udh sampe juga. "Eh, lu udh sampe juga Lin? Nur mana?" tanya gw. Lina cuma mengangkat bahu. Lalu ngeloyor keluar kamar dan ga lama kemudian gw denger dia keluar unit. Tumben si Lina ga bawel, dan tumben ga bareng sama Nur, gw mbatin sendiri.

Gw sedang menimbang-nimbang, apakah mau berenang atw kagak ketika gw denger pintu depan dibuka. Celoteh bawelnya Lina mengiringi. Gw keluar dari kamar. "Hai Raaaaat! Mo berenang nggak? Berenang yuk! Gerah nih!" kata Lina yg jalan dibuntutin Nur di belakangnya. Gw bingung. Lina pake blus warna merah. Seingat gw dia tadi keluar kamar mandi pake kaos warna biru. "Lah? Lu kapan ganti bajunya Lin? Bukannya barusan pake kaos warna biru?" kata gw bingung. Lina ketawa, "Apaan ih? Da kita mah baru dateng. Ya Nur?" kata Lina. "Lu baru dateng, Lin?" tanya gw penasaran. Lina ngangguk. "Iya. Ih, lila [lama] pisan [banget] supir bus Jerman mah. Ga bisa ngebut. Gereget da aku mah! Disalip wae di jalan. Jadi aja kita sampenya terakhir." Lina menjelaskan sambil masuk kamar. Gw diem aja. Mikir.
Ga lama kemudian Lina keluar lagi, atasnya pake baju renang, bawahnya dibalut handuk. "Hayu ih, rek renang, moal? Bentar aja, abis itu makan. Nyusul ya!" kata Lina sambil ngeloyor keluar kamar diikuti Nur. "Liat nanti lah." kata gw sambil nyalain TV. Gw emang paling males renang.
Ga lama kemudian nasi kotak utk konsumsi makan malam dibagikan ke kamar. Gw taro di pantry. Tiba-tiba Nur keluar dari kamar, "Makanan udh dateng ya Rat? Makan ah, laper pisan." kata Nur sambil ngambil 1 kotak lalu menuju meja makan di pojok. Gw nganga aja. Perasaan sih tadi Nur ngekor Lina keluar kamar deh... Kok....? Gw tanya aja ke si Nur, "Loh? Lu di sini? Bukannya ikut Lina berenang?" Nur nggeleng. "Nggak ah. Males. Capek. Tadi Lina keluar aku mah tiduran aja di kamar." kata Nur sambil melahap makanannya. "Oya? Soalnya tadi gw kayaknya liat lu ikut keluar deh." gw ngeyel. Lagi-lagi Nur nggeleng. "Nggak kok. Aku mah dari tadi juga di dalem da...." jawab Nur.
Eeeeeeeeehhhh.... KESEL LOH GUEEEEEEE....!!!! jadi yg keluar kamar mandi pake baju biru tadi, siapa? Yg ngekor Lina keluar unit tuh siapaaaa?

Malam Terakhir...
Setelah kejadian nyasar di malam pertama, gw kapok. Sehabis itu gw ga pernah lagi ngelayap ke kamar temen malem-malem. Temen-temen sekamar gw juga termasuk org-org yg tertib. Sebenernya bukan tertib-tertib amat sih, tapi males berurusan sama Menwa yg kebanyakan suka sok punya kuasa ðŸ¤£ðŸ¤£ðŸ¤£ðŸ¤£
Setiap malam kami selalu ngerjain tugas bareng. Tugas-tugas ini bentuknya adalah review dari semua objek wisata yg dikunjungi siang harinya. Sebenernya sih kami dikasih waktu seminggu setelah balik ke Bandung utk beresin laporan KKL ini, tapi kami malas! Hahahaha. Takut keburu lupa juga kalo ditunda-tunda, jadi setiap malem kami berempat duduk bareng utk nulis review itu (berbekal contekan dari anak D3 yg berangkat sebelumnya. HWAAAAHAHAHAHAHAHAHHAA). Khusus utk gw dan beberapa temen lainnya, karena kami mau extend di Bali seminggu lagi, ga pulang bareng rombongan, kami diharuskan menyerahkan laporan KKL itu ke panitia kampus di hari check out. Mungkin tadinya biar males, trus ga jadi extend dan pulang sama rombongan, tapi gw sih dg senang hati menyetujui syarat itu. Yg penting gw extend liburan di Bali! Hahahaha.
Anak-anak lain sibuk merencanakan kabur ke Hard Rock Cafe, mind you, pada masa itu kayaknya kalo ga ke HRC tuh ga gaul banget lah!. Lina adalah satu-satunya yg paling heboh pengen ikut kabur. Gw dan Silvi males, sementara Nur ga minat. Tadinya malem terakhir itu Lina mau kabur, tapi batal. "Kenapa ga jadi Lin?" tanya gw. "Ah, harese lah. Dapetin taksinya susah. Mana kudu celingak celinguk, jaga-jaga takut ada dosen atw menwa. Udh gitu, sekalinya ada teh mahal pisan Rat! Nggak lah gw mah. Mo di sini aja." Lina sedikit ngomel. Maka diputuskan lah malam itu, sekali lagi, kami ngerjain tugas aja bareng-bareng sehabis makan malam.
Kami berempat duduk di meja makan, di pojok. Silvi duduk membelakangi dinding kaca, gw di depannya, Lina di sebelah Silvi dan Nur di sebelah gw. Gorden dinding kaca sengaja dibuka biar agak segeran deh mata bisa liat ke luar. Waktu baru menunjukkan pukul 9 malam. Suasana di luar terlihat remang-remang berkat cahaya lampu taman yg berjajar. Romantis banget sih sebenernya.
Dari lantai atas terdengar suara langkah kaki berlarian ke sana kemari. Seperti ada yg lagi main kucing-kucingan. Malam sebelumnya suara kursi digeret-geret, malam ini suara langkah kaki. "Ih, itu teh si Elis ga pada bikin tugas apa gimana ya?" kata Silvi sambil nulis. Gw ketawa, "Malem terakhir Vie. Mungkin pada santai." Suara langkah lari-lari itu terus terdengar selama beberapa saat sampe akhirnya Lina kesel, "Aduuuuuh berisik amat yaaaaa? Udh pada gede juga mainnya lari-larian ih! Siga budak leutik!" Lina ngomel. Ga lama kemudian suara langkah kaki itu berhenti. "Naaaah.... akhirnyaaaa. Kieu atuh! Kan tenang jadinya." kata Lina lagi.
Belum genap 10 menit hening, tiba-tiba mulai lagi kegaduhan dari lantai atas. Kali ini seperti ada yg memantul-mantulkan bola basket ke lantai. "Njiirrrr....Baleg lah!" Lina merutuk, "Masa di kamar maen basket??" Lina bersungut-sungut. "Ma, telpon lah ke atas, kasih tau..." pinta Silvi. Gw nurut, gw telpon ke kamar atas. Ga ada jawaban. Gw ulang. Masih sama. Ga ada yg jawab. "Ga ada yg angkat euy. Berarti kosong kamar teh. Lagi pada berenang kali. Atau jangan-jangan ikutan kabur ke Hard Rock?" kata gw sambil duduk lagi di meja makan. Lina, Silvi dan Nur ngeliat ke gw dg tatapan yg aneh lah pokoknya. "Apaan sih?" kata gw bingung. "Atuh ai di atas kosong, yg main basket siapa Raaaaat?" Lina nanya setengah memekik. Hmmmm.... Bener juga ya? "Eeeeh kali aja pas gw telpon tadi, pas mereka baru aja turun, jadi ini mah masalah timing aja." kata gw mencoba menenangkan. "Tapi da ga kedengeran suara anak-anak turun, Ma...." Silvi nambahin. "Iiiiih ya bisa aja mereka turunnya ga berisik." gw jawab ngasal. "Udah. Yuk ah beresin tugasnya, biar santai kita." ajak gw.
Suara bola basket yg dipantulkan ke lantai di kamar atas emang kemudian ga terdengar lagi. Kami berempat mengerjakan tugas dg tenang sambil diselingi gosip-gosip kecil. Mata gw lelah menatap kertas terus-terusan, jadi gw melayangkan pandangan ke luar, lewat dinding kaca di belakang Silvi. Diterangi temaram lampu taman di luar, gw liat ada seorang cewek berdiri ga jauh dari unit kami. Jaraknya berdiri mungkin hanya kira-kira 3 meter aja dari dinding kaca. jadi, meskipun dinding kaca itu memantulkan bayangan kami, gw masih bisa liat jelas org yg berdiri di luar. Rambutnya sebahu berponi, pake kaos garis-garis putih-kuning-oranye (kalo gw ga salah liat) dan celana pendek putih. Cewek itu berdiri dan ngeliatin kita, well, tepatnya sih ngeliatin gw. Gw memicingkan mata gw yg bolor, mencoba mengenali wajahnya. Anak STBA emang banyak, gw ga kenal satu per satunya tapi setidaknya gw selalu hafal sama wajah. Siapa sih itu? Kok kayaknya gw baru liat ya.... Gw mbatin sendiri.
"Rat, ada apaan?" tiba-tiba gw dikagetkan oleh pertanyaan Lina. "Eh? Nggak.... itu cewek yg berdiri di luar, siapa ya? Anak jurusan apa, kok gw kayaknya ga familiar sama wajahnya...." kata gw. "Mana sih?" Lina dan Silvi menjawab berbarengan sambil melongok ke luar. Cewek itu masih berdiri mematung menatap kami. "Mana ah? Euweuh sasaha!" Ga ada siapa-siapa kata Lina. "Udah pergi meureun," kata Silvi lagi. Tapi cewek itu masih berdiri di situ! Mulut gw udh terbuka, mau menyanggah dan mau bilang, masa kalian ga liat sih??? Tapi entah kenapa gw batalin. Gw akhirnya cuma bilang, "Vie, tolong gordennya ditutup aja. Udh malem juga." Silvi menurut dan menarik gorden di belakangnya sebelum kembali meneruskan ngerjain tugasnya. Menjelang jam 11 malam kami udh beres ngerjain semua tugas. Lina, Silvi dan Nur masuk ke kamar. Gw merebahkan diri di sofa bed, sambil ga lupa menyalakan TV dan memilih MTV sebagai teman tidur gw.
Malam itu berlalu tanpa gangguan yg berarti, selain mendapati pintu kaca di ruang tamu ternyata terbuka entah sejak kapan, ga ada hal yg bisa dianggap mengkhawatirkan. Well, setidaknya sih gw ga terganggu. Malam itu rasanya utk pertama kalinya tidur gw nyenyak banget dan pagi-pagi bangunnya segeeeerrr banget! Mungkin karena paginya check out dan ga harus buru-buru, makanya tidurnya lebih tenang. 

No comments:

Post a Comment