Monday 2 September 2019

SERUNYA KKL KAMI DI BALI - Memoir Angkatan 94 - Hari Kedua

Hari kedua KKL di Bali....
"Rat, bangun. Udh jam 5.30, kita sarapan jam 6." kata Lina. Gw bangun dg malas, mengingat gw baru tidur jam 4. "Lu emang kalo tidur lampu sama TV nya nyala ya?" tanya Lina lagi. Gw masih ngumpulin nyawa, "Ga juga sih. Cuma semalem kakak Menwa bilang kalo tidur di ruang tamu, mendingan lampunya dinyalain aja. Tauk deh, kenapa." jawab gw sambil nguap. "Oooh. Pantesan lu nyalain lagi ya?" kata Lina lagi sambil dandan. Dahi gw berkerut, "Dinyalain lagi apanya?" tanya gw ga paham. "Ya lampu sma TV nya laaaah. Kan tadi malem jam 2 tuh gw kebangun, mo pipis. Gw denger suara TV di sini. Habis dari kamar mandi, gw longok ke sini, lu lagi tidur telungkup. Gw pikir lu ketiduran. Jadi TV sama lampunya gw matiin aja." Lina menjawab datar.
Seketika itu juga gw ga ngantuk lagi. "Jam brp Lin?" tanya gw buat mastiin. "Jam 2. Gw inget da, soalnya pas bangun gw liat jam." Lina menjawab santai. Gw yg gak santai! 😂😂😂😂 "Lu yakin?" gw penasaran. Lina brenti bedakan dan menatap gw dg pandangan sebel, "Iya. Yakin. Kenapa sih?" tanyanya dg kesal. "Bukan apa-apa Lin, semalem tuh gw keluar, ke kamar anak Inggris. Gw baru balik jam 4 pagi. Dan ketika gw balik, lampu sama TV masih nyala semua kok...." kata gw. Mukanya Lina langsung berubah... "Aaaaaaah Ratri maaaah!" kata dia sambil noyor gw. "Laaaah kok gw di toyor sih?" gw protes dong! "Serius lu balik jam 4?" tanya Lina lagi. Gw ngangguk. "Terus, yg gw liat tidur telungkup di sini, siapa doooong?" kata lina kayak mau nangis. "Tauk deh..." kata gw sambil ketawa. "Mandi aaaaah!" kata gw sambil ngeloyor ke kamar mandi

Malam Kedua....
Hotel tempat kami nginap itu bagus, ada di kawasan Nusa Dua. Bentuknya Town Houses. 1 Tower ada 8 unit, 4 di bawah, 4 di lantai 2. 1 unit diisi 4 siswa. Modelnya apartment 1 kamar tidur. KKL nya S1 itu sesudah D3, jadi dari anak D3 kami dikasih bocoran, "JANGAN TIDUR DI RUANG TAMU, BANYAK GANGGUAN". Karena 1 unit diisi 4 org, jadi (harusnya) 2 org tidur di sofa bed ruang tamu, 2 lagi di dalem kamar. Dulu gw satu unit dg Silvia Muliati, sesama jurusan Jepang, digabung dg Lina dan Nur dari jurusan Jerman. Semua udh denger apa kata anak D3, dan semua berebut taro barang di kamar. Akhirnya gw ngalah tidur di ruang tamu sendirian 😂😂😂😂. Tempat tidur di dalem kamarnya itu twin bed. Tapi saking ga maunya tidur di ruang tamu, Lina sama Nur bela-belain sharing tempat tidur single di kamar 😂😂😂😂.
Tidur sih ga keganggu. Cuma tiap malem kami berempat ngerjain tugas di meja makan. Dan tiap malem juga kami denger suara kursi digeret ke sana ke mari di unit atas kami. Elis Dewi dan 3 org siswa menghuni unit pas di atas kami. Tower nomer 36. Gw inget, satu malam kami berempat mengeluhkan betapa berisiknya kamar atas. "Itu pada ngapain sih ya?" kata Silvi. "Ya sama lah ma kita. Ngerjain tugas." kata gw. Trus Lina nyamber, "Ah, kita ga geret-geret kursi kok. Tertib kita mah."
Besok paginya pas sarapan, kami duduk semeja sama Elis cs. Gw tanya lah, "Semalem lu ngerjain tugas sampe malem banget ya, Lis?" dia ngangguk. "He eh. Kok tau?" Silvi bilang, "abisnya kamar lu berisik. Kedengeran ke bawah. Itu kursi digegeret wae." Elis nyamber, "iiiiih apaan! Gw aja keberisikan sama kamar di atas gw! Meja didorong-dorong kayanya tuh! Sampe kita ga bisa tidur!"
Mendengar sanggahan Elis, gw dan Silvi langsung brenti makan dan menatap kawan kami itu. "Lu denger meja didorong dari atas kamar lu?" Silvi nanya dg wajah concern. Elis ngangguk, "Iya. Emang kenapa sih?" Gw jawab, "Tapi Lis..... Kamar lu kan paling atas. Di atas kamar lu ga ada kamar lagi, bangunannya kan cuma 2 lantai...." kata gw. Mukanya Elis langsung pucat 😝
Yg paling juara adalah, bbrp taun sesudahnya, gw kerja di Holiday Inn. Ada staff Yg org Bali, dia org Nusa Dua. Kami berteman baik, lalu gw cerita lah sama dia bhw KKL gw dulu nginapnya di hotel X ini di Nusa Dua. Si mbak ini ngomong, "Ooooh di situ. Iya! Udh 3x ganti nama hotel sampe sekarang, selalu ada masalah. Dulu waktu kecil aku sering main di bukit itu, sebelum jadi hotel. Dulu kan kuburan itu Rat... Anak-anak kampungku suka main di situ."
Yaassalaaaaaaammmmmm

No comments:

Post a Comment