Monday 2 September 2019

SERUNYA KKL KAMI DI BALI - Memoir Angkatan 1994 - Hari Pertama

Malam pertama KKL di Bali....
Kampus gw emang ga ada KKN, tapi kami punya KKL - Kuliah Kerja Liburan, alias study toru ke Bali. Selama KKL ini kami menginap di hotel dan cukup banyak kejadian seru selama 4 hari 3 malam di sana.

Hari pertama tiba, gw dan kawan-kawan masih excited dg hotel kami yg bagus. Banyak spot utk foto. Gw inget, habis naro barang dan ganti baju karena habis jalan-jalan dari Kuta, lampu-lampu taman dg tiang batu yg bergaya etnik udh mulai dinyalakan. Gw panggil Silvia, "Sini Vie, foto dulu!" Silvi emang selalu jadi objek eksperimen gw utk foto-foto. Gw masih inget, gw foto wajahnya dia deket lampu taman itu utk dapetin efek gelap-terang. Kebetulan udh menjelang maghrib, hari udh mulai gelap. Beres foto-foto, kami makan malam di resto. Setelah itu acara bebas. Lina ngajak berenang.
Jam 9 malam kami semua udh disuruh masuk ke unit masing-masing, meskipun ada yg kabur ke Hard Rock Cafe atw tempat lainnya. Seingat gw sih penghuni unit kami masih tertib. Males ketauan sama Menwa soalnya kalo kabur-kaburan gitu. Jadi semua istirahat di kamar. Gw nyalain TV lalu tiduran di sofa bed ruang tamu. Ga lama, pintu unit diketok, salah satu anggota Menwa ngecek apakah semua penghuni unit lengkap atw nggak. Gw kasih tau, "Udh pada tidur di dalem." kata gw sambil ngajak si Menwa ini utk liat ke dalem. Dia melongokkan kepala sedikit utk mastiin. "Oke. Selamat istirahat." gitu katanya. Gw senyum kecil aja. Baru aja keluar pintu, sebelum gw nutup pintu dia tanya, "Kamu tidur di ruang tamu sendiri?" gw ngangguk, "Iya, ga ada yg mau tidur di luar." kata gw. Si kakak menwa ketawa, "Lampunya dinyalain aja nanti pas tidur. Bisa tidur dalam keadaan terang ga?" gw ngangguk, "Bisa kang." Dia cabut. Gw tutup pintu. Woow! Kenapa gw disuruh tidur dg lampu menyala ya? Hmmmmmm....
Selang 20 menit, pintu unit gw di ketok org lagi, ternyata Hendra Josiah nyamper. "Ma, dicariin Nanda. Lu ke kamar kita lah yuk. Ngobrol-ngobrol. Kan inspeksinya Menwa udh selesai. Bebas kitaaaaa." Gw ketawa aja, "Bentar." gw ambil jaket lalu ngintip ke dalam kamar dulu. Lina, Silvi sama Nur udh beneran pada bobo cantik semua. Gw cabut kunci unit dan ngekor Hendra ke unitnya. FYI, kami sebenernya dilarang saling berkunjung ke unit lawan jenis, apalagi pas udh jam malam gitu. Gw pake jaket gw dan gw naikkan hoodie nya biar nyaru kayak cowok.
Tower gw itu nomer 36, Tower nya Hendra nomer 39. Ga jauh. Keluar dari Tower gw belok kanan, lurus aja ngikutin foot path yg agak nanjak, nyebrang taman, dan sampailah ke Tower 39. Pintu unit dibuka, ada Nanda, Andi dan 1 lagi entah siapa, gw lupa. Kami semua ngobrol-ngobrol dg suara pelan karena konon kabarnya Menwa selalu patroli tiap malam. Bukan cuma inspeksi absen aja, tapi beneran keliling kek satpam gitu. Kami ngobrol, ngerokok, ngebeer bareng di kamar itu. Jam 1 malam gw pamit balik ke unit gw.
"Ngapain balik, Ma? Ntar aja pagi sekalian." kata Nanda. Gw melotot, "Ogah!" kata gw sambil pake jaket lagi. Hendra nganter sampe pintu doang, "Gw ga nganterin ya Ma. Tipsy nih!" katanya. I just rolled my eyes, "Iyaaaaa. Udh. Tidur gih! Daaaah!" kata gw sambil mulai berjalan. Keluar dari Tower nya, nyebrang taman, belok kanan lalu jalan menyusuri foot path menuju Tower gw yg jaraknya ga jauh.
Posisi Tower nya Hendra itu agak di atas, makanya pas pergi, jalannya agak nanjak dikit. Harusnya pulang kan jadinya menurun ya? Lha ini gw ngerasa kok tetep nanjak? Gw cek nomer tower terdekat gw, 35. Shit! Kok nomer ganjil sih? Kan gw udh nyebrang, harusnya genap dong? Kelewatan pulak unit gw! Gw nyebrang taman, karena tower genap dan ganjil posisinya berseberangan. Kalo gw nyebrang dari Tower 35, harusnya gw akan sampai di Tower 34, tinggal jalan ke sebelahnya, pasti nomer 36. Maka nyebrang lah gw. Gw cek nomer Tower di depan gw, 30. MADAFAKKA! INI HOTEL GIMANA SIH NGURUTIN NOMERNYA???? Gw misuh-misuh dalam hati. Gw belok, menyusuri foot path lagi. Habis 30 harusnya 32, 34, lalu 36. Logikanya begitu. Harusnya Tower ketiga dari tempat gw berdiri saat itu adalah nomer 36. Gw jalan terus. Tower ketiga ternyata ada di ujung foot path. Aneh. Tower nomer 36 itu letaknya di tengah! Ini kok jadi di paling ujung yaaaa, foot path udh nyaris berbatasan dg jalur aspal utk mobil, gw cek nomer Tower nya, 40!!!! DAFUQ???? Gw brenti sebentar. Mikir. Apa gw salah lane ya? Mungkin tower gw di lane yg paralel dg jajaran Tower ini.
Gw jalan menyusuri jalur mobil, di sebelah kiri gw ada deretan pohon bambu kecil yg nutupin lapangan tennis. Jalurnya berangin malam itu. Gw jalan ditemani suara desiran dari daun-daun bambu yg saling bergesekan. Jalan rasanya jauuuuuh banget dan angin rasanya kenceeeeng banget! Cialat! Gw berjalan cepat ke arah belakang Tower 40, lalu belok menuju foot path nya, meninggalkan jalur mobil.
Belum lama berjalan, di kejauhan gw liat ada sosok yg sedang berjalan santai. Pakaiannya warna gelap. Jantung gw hampir berhenti. Itu satpam apa Menwa ya? Kalo satpam sih kebeneran, gw mo minta sekalian dianterin aja. Yg berabe tuh kalo itu anggota Menwa kampus gw! Duh, kalo Menwa, mati gw!!!! Gw mbatin sendiri. Males kaaaan Tengah malem papasan sama Menwa yg patroli! Nggak banget lah! Gw melipir pelan-pelan. Gw coba berjalan tanpa suara. Tiba-tiba sosok itu berhenti. Gw ikut berhenti. Nahan nafas sambil berdoa semoga itu satpam. Gw amati. Jaraknya sih ga jauh, tapi karena udh malem dan bajunya warna gelap (entah hitam, biru tua atw hijau tua), jadi ga jelas siapa sosok itu. Lalu sosok itu melangkah agak cepat ke arah gw, dan brenti pas di sebelah lampu taman yg menyala terang. KAMPRET! KAYAKNYA MENWA NIH! Gw merutuk dalam hati. Gw perhatikan sosok itu, maksudnya mau mencoba mengenali wajahnya, tapi entah kenapa, bagian kepala yg harusnya kena sinar lampu kok gelap aja. Ga mau ambil resiko, gw tengok Tower yg ada di sebelah gw utk cek nomernya. 36!!!!! ALHAMDULILLAH YAWLAAAAAAHHH! Sosok itu mulai berjalan lagi ke arah gw. Ya gw langsung ngibrit masuk ke unit gw lah. Untungnya buka kunci ga ada masalah (kebayang kan kalo kek di film-film tuh, udh suasana genting, kunci pake acara jatoh pulak! Malesin banget dah!). Setelah berhasil masuk unit, gw berdiri diam di belakang pintu sebentar. Just in case Menwa atw satpam itu nyamperin ke unit gw. Gw intip dari peeping hole. Ga ada yg nyamperin. Aman. Fiuuuuuuuhhhhhh...... Lega rasanya! Gw buka jaket dan membanting badan gw ke atas sofa bed. Tidur ah! Begitu pikir gw. Gw liat jam di dinding, udh jam 4 pagi! APAAA? JAM 4 PAGI...??????? ðŸ˜±ðŸ˜±ðŸ˜±ðŸ˜±ðŸ˜±

Njrit!!!! Gw pamit dari kamarnya Hendra tadi jam 1. Gw yakin banget jam 1 malem itu! Masaiya butuh 3 jam utk sampe ke unit gw????? Yaiya sih gw kesasar, tapi kayaknya ga sampe 3 jam deeeeeh! Ya pentesan aja gw capek banget yak? Sambil narik selimut gw mikir, btw, kok satpam atw Menwa tadi wajahnya ga keliatan ya pas berdiri di sebelah lampu taman? Padahal gw jelas-jelas motret Silvi di situ dan wajahnya terang, kena sinar lampu. Hmmmmm... 

Positive thinking aja, mungkin perawakannya lebih tinggi dari Silvi, jadi bagian wajahnya ga kesorot lampu.

No comments:

Post a Comment