Thursday 20 October 2016

Hanya Sekedar Luberan Isi Kepala...

Hari Kamis kemarin gue dapat kabar soal skandal sekolah-sekolah favorit di Bandung yg melakukan maladministrasi, di antaranya melakukan pungli, termasuk SD gue, SMP gue dan sekolahnya si Nyunyun... Shocking!

Dari awal tuh gue juga udh banyak hal yg bikin nggak sreg sih, karena sekolah digratisin tapi yawlaaaah... segala macem dibebanin ke orang tua murid. Dari mulai masang kunci locker, beliin remote AC yg hilang, beliin gorden buat kelas, ngecat ruang kelas sampe beli taplak meja dan vas bunga buat di kelas pun org tua murid yg patungan! Bahkan waktu rapat org tua dengan wali kelas pun, wali kelasnya seperti mencoba "menghimbau" org tua yg datang untuk benerin meja dan kursi di kelas juga. #Warrrbiyasaaaakkk



Padahal jaman gue sekolah dulu, taplak meja itu gantian murid yg bawain dari rumah, vas bunga juga begitu. Maintenance fasilitas sekolah nggak dibebankan ke org tua murid karena itu tanggung jawab sekolah. Emang sih... dulu kita bayar SPP, tapi toh jumlahnya kecil juga. Tapi gue mah mendingan bayar SPP aja tapi kagak keluar duit lagi buat cengceremet yg berasa sedikit mengada-ada. Mungkin karena banyak org tua murid yg nggak ngeh soal mana tanggung jawab sekolah dan mana tanggung jawab org tua murid, akhirnya banyak yg ngikut aja dg permintaan pihak sekolah untuk patungan buat berbagai macam hal.

Belum lagi soal ekskul yang iuran bulanannya lumayan tinggi, matras buat latihan cheers aja org tua murid yg beli sendiri. Selain itu, untuk latihan tambahan di luar sekolah, org tua murid masih harus merogoh kocek lagi untuk sewa tempat. Anak-anak berangkat ke luar kota dan bahkan ke luar negeri untuk ikut kejuaraan yg notabene bawa nama sekolah pun nggak ada support yg signifikan kecuali anak-anak dikasih dispensasi untuk tidak masuk sekolah dan nggak dihitung bolos... Padahal setau gue, setiap ekskul juga ada dana subsidinya dari sekolah, tapi sepertinya banyak yg mandeg. Entah juga sih.... yg jelas untuk ekskulnya si Nyunyun mah nggak ada dana yg turun dari pihak sekolah.Yg ngeselin adalah, pihak sekolah dengan senang hati "ngiring bingah" menikmati kredit prestasi dan nama harum yg disumbangkan oleh kegiatan ekskul yg aktif ikut kejuaraan dan sering menang. Jaman dulu, kalo anak-anaknya ikutan ekskul, mana pernah org tuanya ikutan repot mengkoordinir macem-macem? Ekskul itu kan bagian dari kegiatan sekolah. Org tua itu mendukung aja. Kalo anaknya terpilih untuk ikut lomba mewakili sekolah, org tua datang (org tua gue dulu hampir nggak pernah datang juga dan gue nggak keberatan kok karena kalo urusannya "mewakili sekolah" gue lebih berharap guru pembina atau pembimbingnya yg ikut); anaknya butuh perlengkapan pribadi untuk menunjang ekskulnya, org tua beliin. Guru pembina ekskulnya lah yg akan mengkoordinir segala kebutuhan kegiatan ekskul itu. Kalo sekarang? Kebalik! Guru pembina duduk manis, terima laporan, terima piala, terima medali dan taking credits. Kagak ikutan repot deh pokoknya mah... Ikutan nonton pertandingannya aja kagak... Well, at least di ekskulnya Nyunyun yg gue liat kemarin sih begitu.

Ketika gue tanya soal kemana dana sumbangan sukarela dari angkatan sebelum-sebelumnya (karena nggak keliatan hasilnya, mengingat yg dipresentasikan ke org tua murid sebagai bahan untuk minta sumbangan adalah keadaan fasilitas sekolah yg perlu perbaikan semua), alasannya ada-ada aja. Buat bayar Caraka yg ngurus kebun, buat ina-inu tetek bengek printilan yg lainnya juga, buat bayar petugas kebersihan sekolah, dll. Sumbangan sukarela sudah masuk beberapa kali tapi keadaan fasilitas sekolahnya masih gitu-gitu aja.

Salah satu alasan yg diberikan adalah urusan biaya untuk petugas kebersihan, padahal kalo mau mengadopsi sistem di Jepang, bisa aja. Sekolah gue di Jepang dulu seablak-ablak gedenya dan kami nggak punya petugas cleaning service. Cuma ada tukang kebun dan tukang perbaikan teknis. Kegiatan bersih-bersih sekolah dilakukan bersama oleh guru dan murid. Ada piket bersih-bersih kelas dan ada piket bersih-bersih sekolah setiap hari. Sebulan sekali ada kegiatan kerja bakti di mana kegiatan bersih-bersih sekolah dilakukan secara besar-besaran oleh murid semua angkatan, guru dan staff sekolah bahkan kepseknya pun selalu turun tangan. Murid belajar kerjasama dan mengatur distribusi tugas dalam kelompok-kelompok kerja; guru dan staff sekolah juga ikut ambil bagian dalam kelompok kerja dan bukan sebagai mandor yg cuma nyuruh-nyuruh murid doang. Sekolah kinclong karena murid dan guru sama-sama menjaga kebersihannya. Sense of belonging terhadap sekolah dipupuk lewat kegiatan bersih-bersih bareng ini. Coba aja hitung, satu angkatan itu ada berapa anak? Masaiya nggak bisa diatur sedemikian rupa biar ada satgas kebersihan yg setiap hari bergantian bersih-bersih sekolah sih?

Anyway....
Ketika insiden pungli ini muncul, gue nggak terlalu kaget sih karena memang sepertinya sudah tinggal tunggu waktu aja untuk kebongkar. Banyak temen gue yg anaknya sekolah di SMP/SMA negeri di Jakarta dan Bogor bilang bahwa sekolah anak-anak mereka gratis dan benar-benar gratis. Tambahan pembayaran hanya untuk kegiatan study tour aja. Sisanya nggak ada pungutan sama sekali.
Well, ini hanya sekedar luapan isi kepala yang sudah nyaris luber aja sih.... Semoga insiden ini bisa jadi pelajaran buat semua pihak yg terkait...



No comments:

Post a Comment